orhochima On Minggu, 01 Mei 2011

Kajian mengenai konsep knowledge management telah banyak dilakukan oleh para ahli dengan tujuan untuk menciptakan kesinambungan antara pelaku bisnis dalam hal ini sumber daya manusia yang tersedia dengan pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal.
Konsep knowledge management baru marak digunakan sekitar tahun 1990. Meskipun demikian pemikiran mengenai manajemen pengetahuan ini telah berkembang pada tahun – tahun sebelumnya yang dimulai sejak tahun 60-an.
Perkembangan knowledge management banyak dipengaruhi oleh perubahan waktu, ekonomi, sosial dan teknologi. Globalisasi merupakan faktor utama yang memunculkan kesempatan baru dan tantangan baru dalam kompetisi diantara organisasi – organisasi, terutama organisasi bisnis dimana pencapaian produktivitas dan keuntungan yang maksimal menjadi tujuan utama organisasi melalui pemanfaatan pengembangan teknologi dan sumber daya manusia (SDM).
Mengutip dari Wikipedia (2010), Knowledge Management atau Manajemen Pengetahuan adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi.
David dan Associate (1997) mengatakan bahwa manajemen pengetahuan adalah suatu proses yang sistematik dalam menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mendifusikan, memanfaatkan, dan mengeksploitasi pengetahuan.
Knowledge Management erat kaitannya dengan informasi, pada era global seperti sekarang ini setiap organisasi bisnis saling berlomba untuk mendapatkan informasi – informasi yang berkaitan dengan kondisi pasar, baik itu berupa peluang, tantangan maupun situasi dan kondisi yang dapat menghambat kinerja organisasi secara umum. Organisasi bisnis yang menerapkan konsep knowledge management selalu mengikuti perkembangan informasi pasar dalam hal ini adalah informasi – informasi mengenai kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen dan pelanggan semakin dinamis dengan semakin tingginya tingkat pendidikan dan pendapatan konsumen. Tuntutan konsumen terhadap mutu suatu produk (barang dan jasa) dan pelayanan terhadap konsumen misalnya mendorong perusahaan untuk menelaah kembali proses produksi, distribusi, promosi, dan pelayanan. serta bentuk (model) dan fasilitas pelayanan. Untuk itu perusahaan perlu memperoleh informasi tentang jenis teknologi produksi dan sistem pelayanan yang mutakhir. Apa saja teknologi yang layak ditinjau dari sisi teknis, finansial dan ekonomi. Disamping itu perusahaan pun membutuhkan peningkatan mutu sumber daya manusianya itu sendiri, agar teknologi tersebut dapat dikendalikan oleh individu yang ada dan bukan sebaliknya. Untuk itu pengetahuan tentang metode rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia menjadi hal yang vital.
Perkembangan teknologi informasi memang memainkan peranan yang penting dalam konsep knowledge management. Hampir semua aktivitas kehidupan manusia akan diwarnai oleh penguasaan teknologi informasi, sehingga jika berbicara mengenai knowledge managementKnowledge), Gagasan (Idea), Keahlian (Skill) serta Pengalaman (Experience) untuk dapat membentuk SDM yang superior yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Keempat unsur tersebut di atas merupakan modal yang tidak akan habis/hilang begitu saja. Berbeda dengan unsur finansial yang akan habis jika tidak dikelola dengan baik dalam menggunakan keempat unsur tersebut. Kemauan untuk belajar, bertanya, mencoba, mengemukan pendapat dapat menumbuhkan rasa percaya diri kita. Jadi, keempat unsur tersebut pada dasarnya saling berhubungan satu sama lain dimana intinya adalah peningkatan informasi yang terstruktur dan saling berkesinambungan. tidak lepas dari pengelolaan informasi – informasi yang aktual dan terpercaya kebenarannya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya SDM yang memiliki Pengetahuan (
Komponen selanjutnya dalam penerapkan konsep knowledge managementknowledge management yang lebih terstruktur, berkesinambungan serta terarah. ini adalah Teknologi Informasi. Bagi banyak perusahaan terkemuka, teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dan merupakan infrastruktur yang penting bagi perusahaan itu dalam memberikan nilai tambah atau keuntungan kompetitif. Kebutuhan bisnis yang kian meningkat seperti tuntutan untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, mempercepat penyampaian produk atau layanan ke pasar, dan meningkatkan layanan kepada konsumen, telah memberikan tantangan tersendiri kepada perusahaan untuk dapat lebih mengembangkan konsep
Sebagai contoh, untuk mengelola pengetahuan dapat dimulai dari pengelolaan dokumen perusahaan. Penerapan konsep pengelolaan dokumen secara elektronis akan sangat membantu dalam distribusi, penelusuran, pegontrolan serta pengarsipan dokumen yang ada di dalam suatu perusahaan. Di samping itu akan mencegah membengkaknya biaya penyimpanan fisik dokumen, lamanya pencarian kembali dokumen, serta duplikasi dokumen yang tidak perlu. Tentu saja untuk pengelolaan tersebut diperlukan perangkat lunak (software) sebagai media pengaplikasian dari konsep knowledge management.
Sistem  yang diciptakan merupakan suatu kesinambungan yang komprehensif dari informasi dan pengetahuan dari beragam sumber seperti kalangan praktisi, ilmuwan, dan pengamat. Data dan informasi diolah kemudian dianalisis, dan sejauh mungkin disintesis yang nantinya dipakai untuk menyusun strategi bisnis perusahaan. Tidak tertutup kemungkinan sistem ini memotivasi para karyawan untuk bekerja berbasis pengetahuan. Artinya mereka akan selalu meningkatkan mutu kinerjanya semaksimal mungkin lewat proses pembelajaran yang berkesinambungan. Pada gilirannya penerapan knowledge management sebagai suatu sistem akan meningkatkan pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan serta memenangkan persaingan bisnis.
Ringkasnya, Inti dari knowledge management atau manajemen pengetahuan adalah peningkatan informasi dan pengetahuan organisasi secara sistematis untuk meningkatkan efektivitas perusahaan. Dengan didukung oleh SDM yang berkualitas (Knowledge, Idea, Experience, Skill) serta teknologi yang tepat guna.

0 coment:

Posting Komentar

komentar sesuai posting saya ya